Membersihkan injection mold menggunakan Ultrasonic Cleaner & Class One

Apa itu PVC Strip Curtain?
14 Februari 2019

Injeksi mold yang kompleks merupakan investasi yang besar bagi perusahaan produsen produk berbahan dasar plastik. Untuk melindungi investasi tersebut, perusahaan harus menetapkan prosedur pembersihan untuk menghilangkan berbagai kontaminan noda yang menempel akibat proses produksi. Diantaranya adalah residu pembakaran, minyak, grease yang jika dibiarkan akan mengakibatkan penolakan produk oleh departemen quality control. Menggunakan cara tradisional seperti penggunaan tinner atau degreaser cleaner dengan kimia berbahaya kurang begitu membantu. Selain memakan waktu,menggunakan cairan tersebut berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan bagi karyawan. Lalu bagaimana membersihkan mold lebih cepat dan efisien? Solusinya adalah menggunakan Ultrasonic cleaner atau menggunakan pembersih teknologi baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan, seperti Class One.

Membersihkan Mold menggunakan Ultrasonic cleaner

Membersihkan dengan menyeluruh dan cepat. Ketika membersihkan mold menggunakan metode pembersihan manual, biasanya ada beberapa kontaminan yang masih terlewat, seperti pada bagian celah dan lubang yang susah di jangkau oleh tangan. Selain itu, resiko adanya goresan dan kerusakan pada bagian permukaan mold juga dapat terjadi karena terlalu keras pada saat menggosok permukaan mold. Dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan mold, maka akan semakin tinggi resiko kerusakan pada mold.

Ketiga masalah tersebut dapat diatasi menggunakan ultrasonic cleaner.

Ultrasonic cleaner dapat menjangkau semua permukaan mold yang di rendam ke dalam larutan pembersih ultrasonic. Aman, karena walaupun proses pembersihan bisa disebut “keras”, namun prosesnya terjadi begitu cepat sehingga permukaan cetakan injeksi yang sangat halus tidak rusak selama proses pembersihan. Prosesnya hanya 10 sampai 15 menit meskipun cetakan kompleks yang besar mungkin memerlukan waktu pembersihan yang lebih lama.

Prosesnya cukup mudah terlepas dari ukuran peralatan. Berikut ini deskripsi proses pembersihan yang disederhanakan:

  1. Isi pembersih ultrasonic dengan cairan pembersih ultrasonic. Gunakan cairan pembersih yang sesuai berdasarkan kontaminan yang akan dihapus dan mold itu sendiri terbuat dari apa.
  2. Aktifkan ultrasonic cleaner untuk menghilangkan udara di dalam mesin. Beberapa mesin memiliki mode degas untuk mempercepat proses ini.
  3. Ketika Anda sudah siap untuk membersihkan mold, tempatkan injection mold ke dalam keranjang ultrasonic. Pastikan masing-masing mold tidak bersentuhan.
  4. Atur heater dan waktu, tergantung pada tingkat kontaminasi. Aktifkan mode sweep untuk memastikan proses kavitasi yang merata dan juga mendukung pembersihan yang merata. Setelah melakukan pengaturan, kemudian turunkan mold ke dalam cairan ultrasonic.
  5. Pada tahap akhir, angkat mold dari ultrasonic cleaner, kemudian periksa secara keseluruhan. Seletah itu, bilas dengan air panas bersih dan biarkan hingga kering atau keringkan dengan mesin Air Pressure. Perlu diingat bahwa struktur yang rumit dan banyaknya celah dan lubang pada mold dapat menyisakan air. Pastikan untuk membersihkan genangan air pada celah dan lubang sebelum mold dipakai kembali.

Pemeliharaan perangkat Ultrasonic Cleaner

Semakin lama cairan utrasonic digunakan akan semakin kehilangan efektifitasnya dan harus diganti dengan cairan yang baru. Untuk proses pembuangan sisa cairan, sisihkan residu hasil proses pembersihan mold yang muncul ke permukaan, karena residu ini mengandung kontaminan berbahaya jadi harus dilakukan proses pembuangan yang tepat. Kuras tangki ultrasonic cleaner kemudian bilas dengan air bersih. Buang cairan pembersih yang telah dipakai dan residu hasil pembersihan mold sesuai dengan peraturan daerah setempat.

Membersihkan Mold menggunakan Class One

Ultrasonic cleaner dapat membersihkan kontaminan pada mold secara cepat dan menyeluruh, namun beberapa cairan ultrasonic yang ditawarkan di pasaran merupakan cairan yang “keras” serta mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi para pekerja. Selain itu Anda harus mengeluarkan biaya extra seperti penggunaan listrik dan biaya maintenance.

Menggunakan detergent Class one, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran, lebih ramah lingkungan serta dapat membersihkan mold secara lebih efisien. Class One merupakan detergent yang dapat membersihkan berbagai macam kontaminan minyak termasuk membersihkan injection mold. Detergen Class One dapat digunakan untuk membersihkan injection mold baik dengan metode manual maupun sebagai pengganti cairan pembersih ultrasonic cleaner.

Mengapa Class One labih bagus dari degreaser atau cairan pembersih biasa?

Class one merupakan detergen water base, 97-98% komponennya adalah special ceramic water, tidak mudah menguap, tidak mudah terbakar, tidak memiliki bau menyengat dan tidak menimbulkan efek sampaing pada tubuh. Lebih efisien daripada degreaser cleaner biasa karena prosesnya hanya membutuhkan waktu 3 sampai 5 menit tergantung dari kontaminan dan tidak perlu menggosok dengan “keras” ketika proses pembersihan. Jadi tidak akan menimbulkan damage pada permukaan injection mold. Lebih jelas mengenai produk, silahkan kunjungi halaman ini.

Proses pembersihannya cukup mudah. Berikut ini deskripsi penggunaan detergen Class One.

  1. Tuangkan detergen class one ke dalam sprayer. Anda bisa menggunakan sprayer jika ingin membersihkan part mold yang berukuran besar. Atau tuangkan ke dalam wadah cleaner seperti di bawah ini, jika mold berukuran kecil.
  2. Spray class one pada bagian mold yang terkena kontaminan. Gunakan spray gun supaya detergen dapat menempel lebih lama dan untuk hasil yang lebih baik.
    Anda juga bisa merendam mold ke dalam class one untuk lebih efisien.

  3. Setelah 3 sampai 5 menit, gosok menggunakan kain sejenis handuk.

Video Class One – Membersihkan residue, oil dan grease menggunakan class one

Selain itu class one juga dapat menggantikan cairan ultrasonic yang biasanya sering mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Penggunaannya bisa langsung dituangkan ke dalam tangki ultrasonic cleaner tanpa mencampur dengan apapun.

Kedua metode diatas merupakan cara yang efektif untuk membersihkan injection mold. Tapi, jika anda menggunakan class one, anda memiliki 2 keuntungan. Anda bisa membersihkan mold secara manual dan lebih hemat, sekaligus bisa menggunakan class one sebagai pengganti cairan kimia ultrasonik cleaner.

Ref: www.tovatech.com